SEMINAR SISTEM PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI 1Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man, pada Selasa (14/11/2017) pukul 10.00 Wita menghadiri serta membuka secara langsungSeminar Akhir Kajian Efektivitas Sistem Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Sumber Daya Aparatur di Pemerintah Kota Kupang.Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Kupang bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana dan Universitas Katholik Widya Mandira yangbertempat di Andini Lounge Hotel Ima Jl. Timor Raya, Kelurahan Kelapa Lima. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Kupang, para Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kupang, serta Narasumber oleh Dewan Riset Daerah.

SEMINAR SISTEM PENDIDIKAN BERBASIS KOMPETENSI 2Panitia penyelenggara Seminar Akhir dalam laporan ketua panitia yang dibacakan oleh ibu Sandra I. Bugel, S.Sos. menyampaikan bahwa sumber daya aparatur sangat penting untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan organisasi pemerintahan. Oleh karena itu pengembangan sumber daya aparatur pemerintah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi, yakni kecakapan, pengetahuan, keahlian dan karakteristik pegawai. Fokus diklat berbasis kompetensi yakni pada hasil akhir (outcome). Proses ini didesain untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan, secara khusus untuk mencapai hasil kerja yang berbasis target kinerja yang telah ditetapkan. Sasaran dilaksanakan kegiatannya adalah para aparatur sipil negara Pemerintah Kota Kupang yang menduduki jabatan struktural dan telah mengikuti diklat kepemimpinan yakni sebanyak 40 (empat puluh) orang.

Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Mandalam sambutannya mengapresiasi kemitraan yang telah dibangun antara Pemerintah Kota Kupang bersama dua Institusi Pendidikan Tinggi tersebut dalam melaksanakan kegiatan ini. Beliau juga berharap Pemerintah Kota Kupang perlu membina aparatur secara terus menerus dengan jelas, terarah dan transparan sebagai salah satu tujuan untuk mengembangkan pola karir dan prestasi kerja bagi setiap aparatur dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan yang berlaku. Dengan diberikannya diklat diharapkan aparatur mampu bekerja lebih efektif dan efisien serta mampu melaksanakan tugas dengan baik, sehingga tercipta aparatur yang handal. Untuk itu, satu hal yang perlu diperhatikan secara baik adalah apabila ada mutasi nanti adalah penempatan kembali ASN sesuai keahlian dan kompetensi sehingga diharapkan tujuan organisasi dapat dicapai sesuai rencana yang ditetapkan.(Hum@s)

0
0
0
s2sdefault